Profil

Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh
Pertama-tama,  kami  selaku pengelola  Program Studi Hubungan Internasional Program Magister UMY mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak atas kepercayaan yang telah diberikan kepada kami sejak berdirinya HIPM.
Syukur alhamdulillah, sejak awal berdirinya HIPM pada tahun 2003 lalu, proses belajar-mengajar berjalan dengan lancar sehingga kami telah meluluskan hampir seratus orang mahasiswa yang datang dari berbagai  daerah dan kampus di seluruh Indonesia.
Sebagian besar dari mereka melanjutkan profesinya sebagai dosen di beberapa kampus, baik di Pulau Jawa maupun di luar Pulau Jawa. Bahkan kami mempunyai sejumlah mahasiswa dari mancanegara, seperti Timur Leste, Australia, Rwanda, dan Turki.
Hal ini menunjukkan bahwa kehadiran kami mendapatkan sambutan yang hangat dan baik sekaligus menjadi tantangan bagi kami untuk terus berbenah dan  mengembangkan diri. Hasil dari upaya untuk berbenah itu terbukti tidak sia-sia ketika Program Studi Hubungan Internasional Program Magister melakukan reakreditasi pada tanggal 12-24 September 2019 dan berhasil menaikkan peringkat akreditasinya, dari “B” menjadi “A” berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 3563/SK/BAN-PT/Akred/M/IX/2019. Tentu saja ini menjadi kabar gembira buat kami dari pengelola, sekaligus sebagai tantangan untuk menghadirkan lulusan yang berkualitas dan kompetitif dalam menghadapi era globalisasi dan pasar bebas ASEAN.
Semoga kami bisa terus memberikan yang terbaik kepada para mahasiswa kami yang memilih HIPM UMY sebagai wadah untuk mengembangkan keilmuannya, sehingga kualitas lulusan HIPM UMY ke depan semakin kompetitif dalam menghadapi era persaingan global.
Dr. Surwandono, S.Sos., M.Si.

VISI

“Menjadi Program Studi Hubungan Internasional Program Magister yang terkemuka di  Indonesia dalam pengembangan pengetahuan dan keahlian pada disiplin ilmu Hubungan Internasional berlandaskan nilai Islam yang bermanfaat bagi kemanusiaan pada 2021.”

 

MISI

  1. Menyiapkan peserta didik  menjadi pemimpin masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan profesional yang dapat menerapkan ilmu hubungan internasional dalam mengelola kerjasama, resolusi konflik, dan diplomasi.
  2. Menyiapkan peserta didik  untuk dapat mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu hubungan internasional, khususnya studi kerjasama, resolusi konflik dan diplomasi internasional serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional;
  3. Mendukung pembangunan masyarakat madani yang demokratis dan berakhlak mulia dengan berperan sebagai kekuatan moral yang mandiri dan Islami.

 

TUJUAN

Tujuan Umum:          
Terwujudnya magister hubungan internasional yang memiliki kemampuan sebagai pengajar, birokrat, dan peneliti yang unggul dalam mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang dimiliki, sehingga berguna bagi masyarakat dan negara.
Tujuan Khusus:
Terwujudnya magister yang memiliki:

  1. Kemampuan teoritik dan praktik di bidang Hubungan Internasional khususnya kerjasama, resolusi konflik, dan diplomasi internasional yang berstandar nasional dan internasional dengan berlandaskan nilai – nilai dasar Islam yang kuat.
  2. Kemampuan memproduksi dan menyebarluaskan karya ilmiah dalam publikasi nasional dan internasional yang berguna bagi pengembangan Ilmu Hubungan Internasional.

 

Visi dan Misi

PERPUSTAKAAN

Mahasiswa difasilitasi dengan gedung perpustakaan yang modern, dengan berbagai koleksi buku. Mahasiswa juga dapat mengakses beberapa jurnal internasional yang dilanggan oleh UMY, seperti JSTOR, Cambridge dan lain-lain. Hal ini untuk memudahkan mahasiswa melakukan pencarian hasil-hasil riset dan publikasi yang telah dilakukan oleh para ilmuwan dan peneliti dari seluruh dunia.

 

RUANG KULIAH

Ruang kuliah yang nyaman, full AC, dan dilengkapi dengan fasilitas yang mendukung kegiatan belajar mengajar.

STUDENT LOUNGE

Student Lounge menjadi tempat bagi para mahasiswa untuk bersantai. Sofa dan meja yang nyaman, view yang menyegarkan, serta akses internet yang cepat melengkapi kenyamanan longue untuk beristirahat, maupun melaksanakan kegiatan-kegiatan di luar jam perkuliahan.

STUDY HALL

Study Hall disediakan bagi para mahasiswa dan dosen untuk mengadakan kegiatan diskusi ilmiah maupun kegiatan belajar mengajar.

DESAIN FUTURISTIK

Magister Hubungan Internasional UMY dilengkapi dengan fasilitas modern, suasana serta gedung yang futuristik, desain ruangan yang sangat nyaman bagi mahasiswa yang mengikuti proses belajar-mengajar.

Fasilitas

Program Studi Magister Ilmu Hubungan Internasional UMY telah meluluskan sebanyak 98 orang lulusan dengan rata-rata IPK 3,68 dalam tiga tahun terakhir, dan lama studi rata-rata 2 tahun. Lulusan MIHI UMY mempunyai kompetensi yang sangat baik. Sebanyak 90% di antaranya telah terserap di bidang pekerjaan yang sesuai dengan KPT MIHI UMY, mulai dari Dosen, Pegawai Negeri Sipil (PNS), Politisi, Konsultan politik, peneliti, Wirausaha, dan lain-lain.

Bidang konsentrasi yang menjadi unggulan MIHI adalah Diplomacy, International Cooperation, Conflict Resolution and Peace, dan Islamic Political Thought. Magister Hubungan Internasional (MIHI) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mempunyai komitmen yang tinggi untuk membangun academic atmosphere yang baik dan kondusif bagi pengembangan ilmu pengetahuan. MIHI memfasilitasi mahasiswa dengan sejumlah kegiatan yang dapat menunjang pengalaman dan kemampuan akademik yang dibutuhkan sebagai seorang calon master. Setiap tahunnya, MIHI menyelenggarakan International Conference on Humanity Issues (Iscohi), forum bagi para mahasiswa, baik dari dalam maupun dari luar, untuk mempresentasikan hasil riset mereka. MIHI UMY juga mengadakan forum diskusi bulanan (Monthly Seminar) yaitu MIHI Lecture Series, dengan beragam tema serta pembicara dari para pakar di bidangnya.

Laila Hayati, A.Md.
Laila Hayati, A.Md.

NIK/NBM : 100321 / 834447
Bagian : Tata Usaha Prodi MIHI
Motto : “Berlomba-lombalah dalam kebaikan”

Ellandy Avant Raushan Thesa, S.H.
Ellandy Avant Raushan Thesa, S.H.

NIK: 401 463
Bagian: Tata Usaha Prodi MIHI