Beasiswa

Beasiswa Pascasarjana


Ada Beasiswa bagi Mahasiswa Program Pascasarjana Nih!!

Beasiswa bagi Program Pascasarjana diberikan bagi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada mahasiswa yang berprestasi baik di bidang akademik maupun non akademik serta meningkatkan kualitas dan suasana akademik yang berwawasan global, khususnya pada Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Syarat umum pendaftaran Beasiswa diantaranya IPK pada jenjang pendidikan sebelumnya minimal 3,75 dan memiliki TOEFL yang masih berlaku dengan skor minimal 500 atau IELTS 6.0.

Beasiswa ini terdapat 3 jenis yaitu Beasiswa Alumni, Beasiswa Kader Muhammadiyah, dan Beasiswa Prestasi. Untuk informasi lebih lanjut kamu dapat scroll di bawah ini yaa!!

Beasiswa Alumni

Beasiswa Alumni ini untuk Program Magister (S2) yang merupakan Alumni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada jenjang Program Sarjana (S1) yang lulus pada tahun dimana yang bersangkutan mendaftar di Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta atau maksimal lulusan 2 (dua) tahun sebelumnya.. Tunggu Apalagi, yuk daftar disini!

Beasiswa Kader Muhammadiyah

Beasiswa Kader Muhammadiyah merupakan suatu program bantuan biaya pendidikan yang diberikan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta kepada kader-kader Muharnmadiyah. Beasiswa Kader Muhammadiyah diberikan kepada mahasiswa baru yang memiliki potensi dan prestasi akademik yang baik, serta aktif dalam persyarikatan Muhammadiyah khususnya Organisasi Otonom (Ortom) Muhammadiyah.  

Syarat Khusus seperti :

  • Mempunyai Kartu Tanda Anggota Muhammadiyah (NBM: Nomor Baku Muhammadiyah)
  • Aktif di Ortom Muhammadiyah yang dibuktikan dengan Surat Keputusan Kepengurusan/ Surat Keterangan Aktif
  • Mendapat rekomendasi dari Pimpinan Ortom Muhammadiyah (PDM/ PWM/ PP Muhammadiyah)

Tunggu Apalagi, yuk daftar disini!

Beasiswa Prestasi

Beasiswa Prestasi merupakan suatu program yang diberikan kepada mahasiswa baru yang memiliki prestasi di bidang penelitian, memiliki publikasi ilmiah pada jurnal internasional bereputasi, atau delegasi perwakilan Indonisia dalam kegiatan/perlombaan tingkat Internasional, sebagai bentuk apresiasi dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. 

Syarat Khusus seperti :

  • Mempunyai Sertifikat Prestasi bidang tertentu dalam kurun waktu 1 (satu) tahun terakhir; atau
  • Mempunyai Artikel Publikasi dalam kurun waktu 1 (satu) tahun terakhir

Tunggu Apalagi, yuk daftar disini!

Beasiswa Indonesia Bangkit

Selain itu, Ada Beasiswa Indonesia Bangkit nih kak!!

Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) merupakan skema beasiswa prestisius kolaborasi antara Kementerian Agama dan LPDP Kementerian Keuangan Republik Indonesia untuk masyarakat Indonesia yang ingin mengembangkan karier, pengalaman, dan jaringan kampus di Dalam Negeri maupun Luar Negeri.

                                                Komponen Beasiswa berupa :

 

Ada 3 Jalur Beasiswa Indonesia Bangkit. Apa aja sih jalur beasiswanya? Simak dibawah ini yukk!!

Jalur LoA (Letter of Acceptance / Admission Unconditional

 

Beasiswa Pendaftar yang telah memiliki LoA Unconditional atau Surat Penerimaan Tanpa Syarat dari Perguruan Tinggi Tujuan ketika mendaftar. 

Jalur Kemitraan (Partnership / Collaborative Program

 

Beasiswa Pendaftar yang mendaftar program studi pada perguruan tinggi yang ditetapkan oleh Kementerian Agama berdasarkan program kemitraan antara Kementerian Agama dan Perguruan Tinggi Tujuan. Jika pendaftar tersebut dinyatakan lulus seleksi sebagai calon penerima beasiswa, yang bersangkutan mendapatkan LoA atau diterima di Perguruan Tinggi Tujuan yang ditetapkan dalam durasi waktu (sesuai ketentuan). 

Jalur Reguler

 

Beasiswa Pendaftar yang belum memiliki LoA Unconditional/ Bukti Penerimaan di Perguruan Tinggi tujuan ketika mendaftar. Pendaftar ini dapat memilih maksimal 3 Perguruan Tinggi Tujuan. Jika Pendaftar tersebut dinyatakan lulus seleksi sebagai calon penerima beasiswa, yang bersangkutan diwajibkan mendapatkan LoA atau diterima di Perguruan Tinggi Tujuan yang ditetapkan dalam durasi waku (sesuai ketentuan). 

Beasiswa Pendidikan Indonesia


Ada Beasiswa nih!

 

Hubungan Internasional Program Magister terpilih menjadi Program Studi Tujuan Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (KEMENDIKBUDRISTEK) RI loh! Ini merupakan program beasiswa Pemerintah Indonesia yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (KEMENDIKBUDRISTEK) RI melalui pendanaan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan.  Terdapat 2 Jenis pilihan Beasiswa, yaitu Beasiswa Pelaku Budaya dan Beasiswa Indonesia Maju. Pendaftaran dimulai dari tanggal 2 Mei – 30 Juni 2023 loh!! Untuk selengkapnya, yuk scroll ke bawah!

Beasiswa Pelaku Budaya

Beasiswa yang diberikan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (KEMENDIKBUDRISTEK) RI salah satunya adalah Beasiswa Pelaku Budaya. Untuk jenjang S2, Beasiswa ini ditujukan kepada Pelaku Budaya yang memiliki rekomendasi dari Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian. 

 

Beasiswa Indonesia Maju

Beasiswa yang diberikan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (KEMENDIKBUDRISTEK) RI lainnya adalah Beasiswa Indonesia Maju. Untuk jenjang S2, Beasiswa ini ditujukan kepada Lulusan S1 yang memiliki diantaranya ajang talenta yang diselenggarakan/ difasilitasi oleh Pusat Prestasi Nasional  atau ajang yang diselenggarakan dan/atau difasilitas oleh pihak lain selain Puspresnas dan telah dikurasi oleh Puspresnas, atau dapat juga non-ajang yang diselenggarakan dan/atau difasilitasi oleh pihak lain selain Puspresnas dan telah dikurasi oleh Puspresnas.

Beasiswa Sang Surya


Dari LAZISMU UMY ada Beasiswa Sang Surya loh!!

Beasiswa dari LAZISMU  bertujuan untuk memberikan bantuan Pendidikan kepada Mahasiswa Pascasarjana yang Minimal Semester 3 dan Maksimal Semester 4.

Beasiswa ini berupa Bantuan Pendidikan Selama 2 Semester 

  1. Warga Negara Indonesia (Scan/Fotocopy Kartu Keluarga)
  2. Pemohon merupakan mahasiswa kurang mampu dari Program Pascasarjana minimal Semester 3 dan maksimal Semester 4
  3. Melampirkan Transkip Nilai dengan IPK minimal 3.00
  4. Wajib melampirkan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) terbaru (maksimal 3 bulan terakhir)     
  5. Surat Pernyataan tidak sedang menerima beasiswa dari tempat lain
  6. Wajib melampirkan Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari DPA dan prodi
  7. Wajib melampirkan Slip Gaji Terakhir/Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua
  8. Wajib melampirkan Rincian Tagihan Pendidikan/ Biaya Pendidikan dari Lembaga Pendidikan
  9. Wajib mengikuti Akun Sosial Media Lazismu UMY (IG, Tiktok, FB,  menyimpan No Lazismu UMY)
  10. Dalam satu Kartu Keluarga (KK) maksimal dapat mengajukan dua anak
  11. Melampirkan Sertifikat Prestasi dan Surat Keterangan Aktif Organisasi Ortonom Muhammadiyah (ORTOM), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Lembaga, Komunitas, maupun Organisasi Mahasiswa (ORMAWA) (Diutamakan) 
  12. Melampirkan Surat Rekomendasi dari PCM/PRM (Diutamakan)                        
  • Mengikuti seleksi dan mengisi formulir, serta melengkapi pemberkasan
  • Berkas yang akan diseleksi adalah berkas yang lengkap dan sesuai dengan ketentuan diatas
  • Pemohon yang dinyatakan Lolos Berhak atas bantuan Pendidikan selama 2 semester
  • Pemohon yang dinyatakan Lolos Wajib mengisi form kesediaan menjadi relawan jika dibutuhkan dalam kegiatan LAZISMU UMY
  • Pemohon yang dinyatakan Lolos Seleksi mendapatkan Bantuan pendidikan yang akan dibayarkan langsung ke Lembaga Pendidikan oleh LAZISMU UMY                      

Beasiswa LPDP


Beasiswa LPDP Hadir Nih

Hubungan Internasional Program Magister Universitas Muhammadiyah Yogyakarta termasuk salah satu prodi di S2 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang masuk list menerima mahasiswa julur beasiswa LPDP.

Beasiswa tersebut diberikan untuk jenjang Magister dengan Program satu gelar (single degree/joint degree) atau dua gelar (double degree) berdurasi pendanaan studi paling lama 24 bulan dan Ketentuan tentang program Double Degree/Joint Degree diatur tersendiri dalam Buku Panduan Program Double Degree/Joint Degree Tahun 2023.

Pendaftar yang telah mempunyai dan mengunggah LoA Unconditional wajib memilih 1 (satu) Perguruan Tinggi Dalam Negeri dengan LoA Unconditional tersebut dan masuk daftar Perguruan Tinggi LPDP.

Pendaftar yang belum memiliki LoA Unconditional wajib memilih 3 (tiga) Perguruan Tinggi Tujuan Dalam Negeri yang ada dalam daftar Perguruan Tinggi LPDP dengan program studi yang sama/sejenis/serumpun.

Terdapat 4 jenis beasiswa, diantaranya yaitu :

  • Warga Negara Indonesia.
  • Telah menyelesaikan studi program diploma empat (D4) atau sarjana (S1).
  • Pendaftar yang telah menyelesaikan studi magister (S2) tidak diizinkan mendaftar program beasiswa magister.
  • Bagi pendaftar lulusan SI perguruan tinggi luar negeri, wajib melampirkan: (1) Hasil penyetaraan ijazah dari Kemendikbudristek melalui laman https://piln.kemdikbud.go.id/ atau Kementerian Agama melalui laman https://diktis.kemenag.go.id/penyetaraanijazah/ (2) Hasil konversi IPK dari Kemendikbudristek melalui laman https://piln.kemdikbud.go.id/ atau Kementerian Agama melalui laman https://diktis.kemenag.go.id/penyetaraanijazah/ (3) Tangkapan layar ajuan penyetaraan ijazah dan/atau konversi IPK pada laman Kemendikbudristek/ Kementerian Agama mengenai penyetaraan ijazah dan/atau konversi IPK bagi pendaftar yang penyetaraan ijazah dan/atau konversi IPK-nya belum terbit.
  • Pendaftar yang sedang menempuh studi (on going) dapat mendaftar dengan ketentuan berikut: (1) Mendaftar pada perguruan tinggi tujuan yang berbeda dari yang sedang ditempuh (2) Pendaftar yang lulus seleksi substansi wajib membuat dan menandatangani surat pengunduran diri yang ditujukan kepada perguruan tinggi yang sedang ditempuh & menyampaikan surat tersebut kepada LPDP paling lambat 2 (dua) pekan setelah diumumkan lulus seleksi substansi (3) Pendaftar wajib menyerahkan surat pemberhentian resmi dari perguruan tinggi sebelum penandatanganan surat pernyataan Penerima Beasiswa (4) Setelah diumumkan lulus seleksi substansi, apabila pendaftar tidak memenuhi ketentuan kedua nomor diatas maka, LPDP membatalkan status CPB melalui keputusan Direktur Utama (5) Dalam hal Pendaftar menyelesaikan studi dan mendapatkan gelar sebagaimana dimaksud pada no 1 sebelum pengumuman hasil seleksi substansi, LPDP dapat membatalkan status CPB melalui keputusan Direktur Utama.
  • Pendaftar yang pernah menempuh studi namun tidak menyelesaikan studi pada program magister dapat mendaftar Beasiswa LPDP di jenjang studi yang sama, dibuktikan dengan melampirkan surat pemberhentian/sejenisnya sebagai mahasiswa dari perguruan tinggi tersebut.
  • Melampirkan surat rekomendasi sesuai dengan persyaratan program yang diterbitkan paling lama 1 (satu) tahun di bulan yang sama dengan waktu pendaftaran beasiswa : Surat rekomendasi dapat disampaikan dengan dua cara: (1) Surat Rekomendasi Online Form, disampaikan dengan cara menginput data pemberi rekomendasi melalui aplikasi pendaftaran yang terdiri dari nama perekomendasi, instansi, jabatan, email aktif dan nomor handphone. Selanjutnya, LPDP akan mengirimkan email kepada perekomendasi untuk mengisikan rekomendasi yang kemudian dikirimkan (submit) kepada LPDP. (2) Surat Rekomendasi Offline Form (unggahan) yang ditandatangani oleh pemberi rekomendasi, disampaikan dengan cara mengunggah dokumen pada aplikasi pendaftaran serta mengisikan data bulan dan tahun surat tersebut diterbitkan atau ditandatangani.
  • Bagi pendaftar berstatus PNS dan CPNS di semua program beasiswa LPDP wajib melampirkan surat usulan atau surat rekomendasi pada saat pendaftaran beasiswa LPDP sekurang-kurangnya dari pejabat setingkat eselon II yang membidangi pembinaan/pengembangan SDM pada Kementerian/Lembaga atau Pemerintah Daerah tempat pendaftar bekerja dengan ketentuan; mengusulkan atau merekomendasikan pendaftar untuk mengikuti program Beasiswa LPDP; dan mencantumkan Nama Lengkap serta Nomor Induk Pegawai (NIP) pendaftar.
  • Bagi pendaftar berstatus prajurit TNI di semua program beasiswa LPDP wajib melampirkan surat usulan atau surat rekomendasi yang ditujukan kepada LPDP sekurang-kurangnya pejabat yang membidangi pembinaan SDM pada Mabes TNI/ TNI AD/ TNI AL/ TNI AU untuk mengikuti program beasiswa LPDP kepada LPDP pada saat pendaftaran beasiswa LPDP.
  • Bagi pendaftar berstatus anggota POLRI di semua program beasiswa LPDP wajib melampirkan surat usulan atau surat rekomendasi yang ditujukan kepada LPDP sekurang-kurangnya pejabat yang membidangi pembinaan SDM pada Mabes POLRI untuk mengikuti program beasiswa LPDP kepada LPDP pada saat pendaftaran beasiswa LPDP.
  • Beasiswa hanya diperuntukkan bagi kelas reguler atau kelas yang ditetapkan oleh LPDP.
  • Menyetujui surat pernyataan yang telah disediakan pada aplikasi pendaftaran beasiswa LPDP (poin-poin terlampir).
  • Menulis profil diri termasuk riwayat pendidikan yang tidak diselesaikan (tidak lulus) pada aplikasi pendaftaran.
  • Jika pendaftar memiliki publikasi ilmiah, prestasi kejuaraan/non kejuaraan, dan pengalaman organisasi maka pendaftar mengisi riwayat publikasi ilmiah, prestasi kejuaraan/non kejuaraan, dan pengalaman organisasi pada aplikasi pendaftaran.

Komponen yang diberikan diantaranya adalah Dana Pendidikan dan Dana Pendukung

  • Dana Pendaftaran
  • Dana SPP/Tuition Fee/Uang Kuliah Tunggal
  • Dana Tunjangan Buku
  • Dana Penelitian Tesis/Disertasi
  • Dana Seminar Internasional
  • Dana Bantuan Publikasi Jurnal Internasional
  • Dana Transportasi
  • Dana Aplikasi Visa
  • Dana Asuransi Kesehatan
  • Dana Kedatangan
  • Dana Hidup Bulanan
  • Dana Lomba Internasional
  • Dana keadaaan darurat (jika diperlukan)
  • Biaya pendukung pendamping penerima beasiswa kelompok penyandang disabilitas sesuai ketentuan LPDP yang berlaku. (bagi penerima beasiswa penyandang disabilitas)

Affirmation Scholarship (Beasiswa Daerah Afirmasi)

Beasiswa Daerah Afirmasi adalah program beasiswa magister yang diperuntukkan bagi kelompok masyarakat yang berasal dari daerah afirmasi

  • Pendaftar telah menamatkan pendidikan dasar dan/atau menengah dari daerah afirmasi yang dibuktikan dengan ijazah atau telah tinggal sekurang-kurangnya 10 (sepuluh) tahun di daerah afirmasi yang dibuktikan dan dinyatakan dalam surat keterangan dari Lurah/ Kepala Desa.
  • Pendaftar bertempat tinggal di daerah afirmasi yang dibuktikan dengan KTP dan surat keterangan dari Lurah/Kepala Desa yang diterbitkan paling lama satu tahun di bulan yang sama dengan waktu pendaftaran beasiswa.
  • Pendaftar berusia paling tinggi 47 tahun.
  • Pendaftar wajib memiliki IPK sekurang-kurangnya 2,5 pada skala 4 atau yang setara dan dibuktikan dengan transkrip nilai asli atau salinan yang telah dilegalisir.
  • Mengunggah dokumen sertifikat kemampuan bahasa Inggris yang diterbitkan paling lambat pada 2 (dua) tahun terakhir dari tahun pendaftaran beasiswa oleh ETS, PTE Academic, IELTS, Duolingo English Test, atau TOEP dengan ketentuan yang berlaku dan harus berasal dari lembaga resmi penyelenggara tes TOEFL ITP di Indonesia.
  • Melampirkan surat rekomendasi dari tokoh masyarakat atau akademisi (dapat memilih online form atau unggah).

Pre-Prosperous Scholarship (Beasiswa Prasejahtera)

Program beasiswa yang diperuntukkan bagi kelompok masyarakat dari keluarga prasejahtera atau miskin untuk melanjutkan studi jenjang pendidikan magister, yang terdaftar dan aktif sebagai penerima Program Keluarga Harapan (PKH)/ penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/ Penerima Bantuan Iuran (PBI) di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial.

  • Pendaftar dinyatakan terdaftar dan aktif sebagai penerima/merupakan anggota dalam Kartu Keluarga (KK) dengan penerima Program Keluarga Harapan (PKH), penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Penerima Bantuan Iuran (PBI) pada sistem DTKS Kementerian Sosial yang telah terhubung dengan laman pendaftaran beasiswa LPDP, yang diverifikasi melalui nomor KTP/NIK dan Nomor KK (Kartu Keluarga) pada aplikasi pendaftaran.
  • Pendaftar tercantum pada kartu keluarga Kepala Keluarga penerima PKH, BPNT, PBI.
  • Diutamakan pendaftar merupakan anggota keluarga pertama yang mendapatkan gelar S1/mengejar gelar Magister, dibuktikan dengan KK & surat pernyataan bermaterai Rp 10.000
  • Pendaftar tidak berstatus sebagai (CPNS), (PNS), (TNI), atau (POLRI).
  • Batas usia pendaftar per 31 Desember di tahun pendaftaran paling tinggi 42 tahun.
  • Memiliki IPK sekurang-kurangnya 3,00 pada skala 4,0 atau yang setara dibuktikan dengan transkrip nilai asli atau salinan yang telah dilegalisir.
  • Mengunggah dokumen sertifikat kemampuan bahasa Inggris yang diterbitkan paling lambat pada 2 (dua) tahun terakhir dari tahun pendaftaran beasiswa oleh ETS, PTE Academic, IELTS, Duolingo English Test, atau TOEP dengan ketentuan yang berlaku dan harus berasal dari lembaga resmi penyelenggara tes TOEFL ITP di Indonesia.
  • Melampirkan surat rekomendasi dari tokoh masyarakat atau akademisi (dapat memilih online form atau unggah).

Disability Scholarship (Beasiswa Penyandang Disabilitas)

Beasiswa Penyandang Disabilitas adalah program beasiswa yang ditujukan untuk masyarakat penyandang disabilitas yang memenuhi persyaratan LPDP, yaitu: Penyandang Disabilitas Fisik, Intelektual, Mental, Sensorik & Ganda atau Multi.

  • Pendaftar merupakan penyandang disabilitas berkategori: Penyandang Disabilitas Fisik, Intelektual, Mental, Sensorik, & Ganda atau Multi.
  • Melampirkan surat keterangan dengan format sebagaimana terlampir, yang ” (1) Menyatakan bahwa pendaftar dengan kondisi disabilitasnya mengalami hambatan dan kesulitan untuk berpartisipasi secara penuh dan efektif (2) Ditandatangani oleh dokter/psikolog/psikiater/audiologis dari rumah sakit pemerintah atau Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).
  • Batas usia pendaftar per 31 Desember di tahun pendaftaran paling tinggi 42 tahun.
  • Bersedia menandatangani/menyetujui surat pernyataan pada aplikasi pendaftaran saat akan melakukan submit (poin-poin terlampir).
  • Memiliki IPK sekurang-kurangnya 2,5 pada skala 4 atau yang setara dibuktikan dengan transkrip nilai asli atau salinan yang telah dilegalisir.
  • Mengunggah dokumen sertifikat kemampuan bahasa Inggris yang diterbitkan paling lambat pada 2 (dua) tahun terakhir dari tahun pendaftaran beasiswa oleh ETS, PTE Academic, IELTS, Duolingo English Test, atau TOEP dengan ketentuan yang berlaku dan harus berasal dari lembaga resmi penyelenggara tes TOEFL ITP di Indonesia.
  • Melampirkan surat rekomendasi dari tokoh masyarakat atau akademisi (dapat memilih online form atau unggah).
  • Bagi pendaftar penyandang disabilitas tuna rungu dapat menggunakan kriteria kemampuan Bahasa Inggris sebagai Pendaftar program magister dalam negeri; TOEFL ITP® dengan nilai rata-rata 40 dari semua bagian kecuali listening comprehension, IELTS™ dengan nilai rata-rata 4.5 dari semua bagian kecuali listening.

Papuan Youth Scholarship (beasiswa Putra-Putri Papua)

Beasiswa untuk Putra-Putri daerah (Orang Asli Papua) Provinsi Papua, Provinsi Papua Barat, Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah, Provinsi Papua Pegunungan, atau Provinsi Papua Barat Daya dengan ketentuan:Bermarga Asli Papua, Ibu kandung adalah Orang Asli Papua, atau Bapak kandung adalah Orang Asli Papua.

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).
  • Ijazah pendidikan dasar atau pendidikan menengah dari sekolah di Provinsi Papua, Provinsi Papua Barat, Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah, Provinsi Papua Pegunungan, atau Provinsi Papua Barat Daya bagi pendaftar yang bertempat tinggal di luar Provinsi Papua, Provinsi Papua Barat, Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah, Provinsi Papua Pegunungan atau Provinsi Papua Barat Daya.
  • Batas usia pendaftar per 31 Desember di tahun pendaftaran paling tinggi 47 tahun.
  • Mengunggah ijazah sarjana untuk pendaftar program magister
  • Tidak dipersyaratkan memiliki sertifikat kemampuan bahasa Inggris.
  • Melampirkan surat rekomendasi dari tokoh masyarakat atau akademisi (dapat memilih online form atau unggah).


Dokumen apa saja yang harus diisi/di unggah ?

Dokumen apa saja yang harus diisi/di unggah pada aplikasi pendaftaran Beasiswa?

  • Biodata Diri
  • Proses Verifikasi Terdaftar dan Penerima Bansos Aktif pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) melalui Nomor KTP/NIK dan No KK pada aplikasi pendaftaran (bagi pendaftar beasiswa Prasejahtera)
  • Surat Rekomendasi dari tokoh masyarakat atau akademisi (dapat memilih online form atau unggah)*)
  • Surat pernyataan pada aplikasi pendaftaran saat akan melakukan submit (poin-poin terlampir)
  • Profil diri pada formulir pendaftaran online
  • Komitmen kembali ke Indonesia, rencana pasca studi, dan rencana kontribusi di Indonesia
  • Publikasi ilmiah, prestasi kejuaraan/non kejuaraan, dan pengalaman organisasi
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Surat keterangan disabilitas dari rumah sakit pemerintah atau puskesmas dengan format terlampir (bagi pendaftar beasiswa Penyandang Disabilitas)
  • Kartu Keluarga (KK) (bagi pendaftar beasiswa daerah Afirmasi, beasiswa Prasejahtera & beasiswa Putra Putri Papua)
  • Scan Ijazah S1 atau SKL (Surat Keterangan Lulus) (Asli atau Legalisir)
  • Surat pemberhentian sebagai mahasiswa dari Perguruan Tinggi (bagi yang tidak menyelesaikan studi)
  • Scan Transkrip Nilai S1 (bukan Transkrip Profesi) (bagi pendaftar beasiswa Prasejahtera)
  • Dokumen penyetaraan ijazah dari Kemendikbudristek/ Kementerian Agama atau tangkapan layar pengajuan penyetaraan ijazah
  • Dokumen konversi IPK dari Kemendikbudristek/ Kementerian Agama atau tangkapan layar pengajuan konversi IPK (bagi pendaftar beasiswa Prasejahtera & beasiswa Penyandang Disabilitas )
  • Sertifikat Bahasa Asing yang dipersyaratkan dan Masih Berlaku (Asli) (bagi pendaftar beasiswa Prasejahtera & beasiswa Penyandang Disabilitas )
  • Letter of Acceptance (LoA) Unconditional yang masih berlaku dan sesuai dengan Perguruan Tinggi serta Program studi yang dipilih
  • Surat Rekomendasi dari tokoh masyarakat atau akademisi (dapat memilih online form atau unggah)*)
  • Surat usulan dari pejabat yang membidangi SDM untuk pendaftar PNS/TNI/POLRI sesuai ketentuan
  • Scan Ijazah SD, SMP, dan SMA
  • Surat keterangan dari Lurah atau Kepala Desa yang menyatakan telah tinggal sekurang-kurangnya 10 (sepuluh) tahun di daerah afirmasi (bagi pendaftar beasiswa daerah Afirmasi)
  • Surat Pernyataan bermaterai Rp 10.000 jika pendaftar merupakan anggota keluarga pertama di keluarga yang mendapatkan gelar Sarjana (S1) atau pertama di keluarganya mengejar gelar Magister (opsional) *) (bagi pendaftar beasiswa Prasejahtera)
  • *) Surat harus diterbitkan paling lama 1 (satu) tahun di bulan yang sama dengan waktu pendaftaran beasiswa
Apa saja Tahapan dan Seleksi Beasiswa LPDP ? 
 
  • Seleksi Administrasi
  • Seleksi Bakat Skolastik (bagi pendaftar beasiswa daerah Afirmasi, beasiswa Prasejahtera & beasiswa Putra Putri Papua)
  • Seleksi Substansi

*Bagi peserta Beasiswa Putra-Putri Papua yang mendaftar dengan LoA Unconditional yang sesuai dengan ketentuan LPDP dapat melanjutkan ke tahap Seleksi Substansi tanpa mengikuti Seleksi Bakat Skolastik.

Chat dengan Admin Magister HI UMY